Senin, 28 Januari 2013

Sejarah Tablet PC

TABLET PC
Sekarang ini siapa yang tidak kenal Tablet PC, gadget terbaru ini memang sedang trend di kalangan gadget freak dan bahkan masyarakat umum. Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Istilah ini dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
Ide dari komputer tablet bukanlah hal baru. Sejarah tablet dimulai pada tahun 1968, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mengemukakan bahwa dengan kemajuan flat-panel dalam teknologi layar, user interface, miniaturisasi komponen komputer dan beberapa pekerjaan eksperimental dalam teknologi WiFi. Alan Kay bukanlah satu – satunya karena sebelumnya telah banyak nama – nama besar yang memiliki andil dalam proses penemuan serta penyempurnaannya hingga saat ini. Sejarah tablet selanjutnya, pada tahun 1972, ia menerbitkan sebuah makalah tentang perangkat dan menyebutnya sebagai “Dynabook”. Sketsa dari Dynabook menunjukkan perangkat yang sangat mirip dengan komputer tablet yang kita miliki saat ini, dengan beberapa pengecualian. Pada Dynabook, baik layar dan* keyboard* semua pada pesawat yang sama. Tapi visi Kay bahkan melangkah lebih jauh. Dia memperkirakan bahwa dengan teknologi layar sentuh yang tepat, Anda bisa menampilkan keyboard virtual, dalam konfigurasi pada layar itu sendiri.
Kay terdepan pada waktu itu. Sejarah tablet membuktikan bahwa membutuhkan waktu hampir empat dekade sebelum tablet mirip dengan apa yang dia bayangkan mengambil hati publik. Tapi itu bukan berarti tidak ada komputer tablet di pasar selama 4 dekade tersebut selain konsep Dynabook dan iPad Apple yang terkenal. Tablet yang pertama muncul di pasar adalah GRiDPad. Pertama kali diproduksi pada tahun 1989, GRiDPad termasuk layar sentuh kapasitansi monokromatik dan stylus kabel. Beratnya hanya di bawah 2,26 kilogram. Dibandingkan dengan tablet hari ini, GRiDPad itu besar dan berat, dengan baterai pendek yang hanya bertahan tiga jam. Dan orang di balik GRiDPad itu adalah Jeff Hawkins, yang kemudian mendirikan Palm. Kemudian terdapat pula komputer tablet lain berbasis pena namun ia tidak menerima banyak dukungan dari masyarakat.
Apple lah yang pertama memasuki medan tablet dengan Newton, sebuah perangkat yang menerima jumlah kecintaan dan ejekan selama bertahun-tahun. Sebagian besar kritik untuk Newton berfokus pada pengenalan tulisan tangan perangkat lunaknya. Hingga akhirnya puncak sejarah tablet dimulai ketika Steve Jobs mengungkapkan iPad pertama ke pasar, dan meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk konsumen yang layak. Saat ini, perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft dan HP berusaha untuk memprediksi kebutuhan konsumen, sementara merancang generasi berikutnya dari perangkat tablet. Penemuan tablet pc merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari teknologi komputer yang sudah ada. Maka tidak pernah disebut secara khusus siapa yang menemukannya.
Sejarah awal tablet :
1. ide dari komputer tablet bukanlah hal baru. Sejarah tablet dimulai pada tahun 1968, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mengemukakan bahwa dengan kemajuan flat-panel dalam teknologi layar, user interface, miniaturisasi komponen komputer dan beberapa pekerjaan eksperimental dalam teknologi WiFi. Alan Kay bukanlah satu – satunya karena sebelumnya telah banyak nama – nama besar yang memiliki andil dalam proses penemuan serta penyempurnaannya hingga saat ini.
2. pada tahun 1972, ia menerbitkan sebuah makalah tentang perangkat dan menyebutnya sebagai “Dynabook”. Sketsa dari Dynabook menunjukkan perangkat yang sangat mirip dengan komputer tablet yang kita miliki saat ini, dengan beberapa pengecualian. Pada Dynabook, baik layar dan* keyboard* semua pada pesawat yang sama. Tapi visi Kay bahkan melangkah lebih jauh. Dia memperkirakan bahwa dengan teknologi layar sentuh yang tepat, Anda bisa menampilkan keyboard virtual, dalam konfigurasi pada layar itu sendiri.
3. Kemudian pada tahun 1980 telah di perkenalkan sebuah Tablet yang dapat menterjemahkan sentuhan pena elektronik dan tulisan tangan dengan algoritma tertentu, Tablet itu di beri nama namakan Pencept.
4. Tidak mau kalah, Apple juga mengeluarkan Tablet pertamanya pada tahun 1993 yang di beri nama Newton Apple dengan ukuran layar 6 inchi dan berat 800 gram.
5. Knight-Ridder, merupakan sebuah konsep tablet yang di tayangkan dalam iklan televisi dan di perkenalkan pada tahun 1994. Tetapi Tablet ini tidak jadi di produksi secara masal dikarenakan harga Tablet ini sangat mahal.
6. Pada tahun 1996 di perkenalkan sebuah Tablet "Webbook" yang dapat di gunakan untuk browsing di internet. Tetapi Tablet ini tidak pernah di produksi secara masal.
7. Tahun 2000 sebagai raja OS komputer saat itu, Microsoft menggandeng beberapa pabrikan untuk melepas device yang dapat menjalankan OS khusus untuk Tablet, Microsoft Tablet-PC.
8. Modern Tablet, dengan kehadiran tablet buatan Apple di tahun 2010, pandangan orang akan tablet menjadi berubah. Jika sebelumnya tablet masih berkutat untuk menjadi alat pengenal tulisan tangan atau membaca buku digital, maka dengan hadirnya iPad, tablet menjadi lebih fungsional dan tidak lagi rit untuk di bawa kemana-mana (sudah lebih portable dan fun). Dalam perjalanannya, meski banyak OS yang bermain di dalam persaingan tablet modern, kita bisa menemukan 3 OS yang cukup besar berpengaruh.
7 teknologi tablet di masa depan
1 1. Tablet kertas Tablet di masa depan kemungkinan punya layar fleksibel dan ketipisannya hampir seperti kertas. Untuk sekarang, teknologinya memang belum memungkinkan. Sebab, komponen tablet seperti prosesor dan baterai masih belum bisa dibuat dengan sangat tipis. Namun berbagai inovasi baru yang menggunakan teknologi nano akan memungkinkan dibuatnya tablet fleksibel. Misalnya saja, Stanford University telah mengembangkan sejenis baterai yang bisa ditekuk -tekuk.
1 2. Sensor tubuh Teknologi tablet akan semakin bermanfaat. Di masa depan yang diperkirakan sekitar 10 tahun lagi, tablet akan mempunyai kapabilitas sensor untuk mengetahui apa yang terjadi di tubuh pengguna ataupun lingkungan di sekitarnya, seperti keadaan cuaca. Menurut profesor Lin Zhong daru Rice University, sensor wireless akan dipasang di tubuh pengguna yang terhubung dengan si tablet. Si tablet pun akan merasakan kalau pengguna terkena gejala penyakit tertentu dan memberikan peringatan.
1 3. Tablet airbag Tidak hanya mobil saja yang diberi fasilitas airbag pelindung. Kemungkinan, tablet masa depan juga akan memilikinya. CEO Amazon, Jeff Bezos dilaporkan telah mendaftarkan paten untuk tablet airbag tersebut. Gunanya tentu saja untuk meredam benturan. Jadi ketika si tablet terjatuh, airbag akan langsung mengembang untuk mencegah kerusakan fatal di bodi tablet.
1 4. Tablet keping Desain tablet bikinan Design Buzz ini memang sangat menarik. Bentuknya tidak satu kesatuan yang utuh, melainkan terdiri dari banyak keping-keping. Setiap kepingan dikatakan punya prosesor dan sumber daya tersendiri. Semakin banyak keping disatukan, si tablet akan semakin besar dan semakin powerful. Namun hati-hati, keping-kepingnya jangan sampai dihilangkan.
5. Layanan canggih berbasis lokasi Layanan online berbasis lokasi pengguna memang sudah banyak yang digunakan di tablet masa kini, seperti Foursquare. Namun di masa depan, fungsinya akan semakin canggih. Teknologi yang dikembangkan oleh Fujitsu misalnya, akan secara otomatis mengunduh aplikasi atau data yang diperlukan begitu pengguna ada di wilayah tertentu. Misalnya kala mengunjungi museum, tablet akan langsung menampilkan panduan navigasi di museum tersebut. Kemudian jika pengguna sudah selesai mengunjungi museum, aplikasi tersebut akan terhapus.
6. Tablet origami Tablet masa kini sudah ada yang punya dua layar sentuh sekaligus, misalnya tablet Sony. Namun di masa depan, bukan tidak mungkin layar sentuhnya akan terdiri dari tiga buah atau bahkan lebih. Ketiga layar tersebut bisa dilipat sehingga bentuknya akan menjadi ringkas. Ketika dibuka, maka layar sentuhnya pun berukuran besar.
1 7. Tablet tenaga surya Sebuah rumah desain bernama Pixel Qi coba membuat konsep tablet tenaga surya, yang mungkin saja akan benar-benar dipasarkan di masa depan. Panel tenaga surya akan dipasang di sekeliling bodi tablet. Semakin panas pancaran sinar matahari, maka semakin banyak tenaga listrik yang bisa dikumpulkannya. Jadi pengguna tidak perlu susah susah mencari sumber listrik, cukup jemur saja jika baterainya habis.
sumber
http://blognewslatter.blogspot.com/2013/01/7-teknologi-canggih-pada-tablet-pc-di.html
http://www.techiru.com/2012/05/sejarah-singkat-tablet-pc.html
http://blog.batavianet.com/knowledge-center/sejarah-dan-perkembangan-tablet-pc/

1 komentar:

HPO mengatakan...

Sejarah tablet ternyata panjang juga ya gan..
Gak kebayang gimana teknologi komputer 10 sampai 20 tahun depan :)
nice info ya..